MAKALAH
PENGANTAR MANAJEMEN
FUNGSI-FUNGSI IMPLEMENTASI PADA
PENGANTAR MANAJEMEN
FUNGSI-FUNGSI IMPLEMENTASI PADA
PT.GRIYA MIE SEJATI
DIVISI SUPPLY
DI
SUSUN OLEH :
NAMA : SLAMET RIYANTO
NIM : 1322475546
Jln.Jend.Sudirman
No.40 Modern Cikokol – Tangerang 15177
Telp.(021)
5529692,5529586 Fax.(021) 5529742
Website
: www.raharja.ac.id
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
KATA PENGANTAR
Segala
puji hanya milik Allah SWT. Shalawat dan
salam selalu tercurahkan kepada Rasulullah SAW. Berkat
limpahan dan rahmat-Nya penyusun mampu menyelesaikan tugas
makalah ini guna memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Manajemen.
Dalam penyusunan tugas atau materi ini, tidak sedikit
hambatan yang penulis hadapi. Namun penulis menyadari bahwa kelancaran dalam
penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan, dan bimbingan dosen,
sehingga kendala-kendala yang penulis hadapi teratasi.
Tugas
ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu
tentang kaitan implementasi perusahaan, yang saya sajikan berdasarkan
pengamatan dari berbagai sumber informasi, referensi, dan berita.Semoga tugas
ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas dan menjadi sumbangan pemikiran
kepada pembaca khususnya para mahasiswa STMIK Raharja.Saya sadar bahwa tugas
ini masih banyak kekurangan dan jauh dari sempurna. Untuk itu, kepada
dosen pembimbing dan dari para pembaca saya meminta masukan dan
mengharapkan kritik, saran demi perbaikan pembuatan
tugas saya di masa yang akan datang.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
DAFTAR ISI
Kata
pengantar............................................................................................... 1
Daftar
isi........................................................................................................ 2
BAB
I
PENDAHULUAN........................................................................................ 3
A.Profil
Perusahaan .......................................................................... 3-4
A.Visi dan Misi Perusahaan.................................................................5
BAB
II
PEMASARAN.............................................................................................. 6-7
BAB III
PENGORGANISASIAN
(Organizing) ....................................................... 8
A.
Pengertian Pengorganisasian ........................................................ 8-9
B.
Bentuk Bentuk organisasi............................................................ 9-10
C.
Pengertian Departemenisasi.......................................................... 10-11
D.
Struktur Organisasi Departemen Supply Bakmi GM................... 12
BAB IV
PENERAPAN (Actuating)........................................................................... 13
BAB V
PENGAWASAN
(controlling)...................................................................... 14-15
Daftar
Referensi............................................................................................ 16
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Profil
Perusahaan
PT. Griya Miesejati adalah
induk perusahaan restoran cepat saji Bakmi GM, yang merupakan ikon restoran
bakmi di Jakarta. Restoran ini, yang dulunya bernama Bakmi Gajah Mada, pertama
kali didirikan pada tahun 1959 dan kini sudah memiliki 30 outlet yang
tersebar di Jakarta, Bekasi, dan Tangerang. Dengan pengalaman lebih dari
50 tahun di industri restoran, saat ini Bakmi GM melayani lebih dari 30.000
pelanggan per hari.
Ribuan pelanggan yang datang
menikmati kelezatan menu Bakmi GM tiap harinya berasal dari beragam lapisan:
tua, muda, pelajar, mahasiswa, bahkan juga para eksekutif muda. Untuk memuaskan
keinginan dari beragam lapisan tersebut, Bakmi GM secara berkala melakukan
promosi.
Menu-menu yang terdapat di Bakmi GM pun
didisain khusus untuk memadukan rasa yang lezat , yang terbuat dari bahan baku
pilihan, dengan harga yang ekonomis. Lebih dari 50 menu dapat menjadi pilihan
pelanggan setiap harinya. Produk-produk baru pun diluncurkan secara berkala.
Dan untuk semakin memuaskan
pelanggannya, kini Bakmi GM melayani paket ulang tahun anak-anak. Pesta ulang
tahun anak Anda akan semakin meriah, jika Anda merayakannya di Bakmi GM. Tiga
paket ulang tahun Bakmi GM bisa menjadi pilihan Anda dalam merayakan ulang
tahun yang meriah dan menikmati menu lezat yang menyehatkan.
Restoran-restoran Bakmi GM dapat
Anda temukan di berbagai lokasi, mulai dari lokasi perumahan, perkantoran,
hingga pusat perbelanjaan, dan didisain secara modern untuk menciptakan suasana
yang hangat dan menyenangkan.
Enerjik dan berdedikasi
merupakan dua sifat yang membangun kurang lebih 1200 orang staff yang tergabung
dalam tim pelayanan Bakmi GM, karena memberikan pelayanan yang terbaik bagi
setiap pelanggan adalah tujuan dari perusahaan
Demi memenuhi kebutuhan
pelanggannya akan makanan yang berkualitas dan halal, pada tahun 2005 Bakmi GM
mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia dan terus diperbaharui
setiap tahunnya. Dengan selalu mengedepankan kualitas produknya, Bakmi GM akan
selalu menjadi restoran favorit customer Bakmi GM.
B.
Visi Dan Misi Pt.Griya Mie Sejati
Seperti perusahaan perusahaan pada umumnya, PT.Griya Mie Sejati
juga memiliki VISI, MISI dan moto dalam menjalankan usahanya .
Misi
Memberikan kepuasan yang seutuhnya kepada
setiap pelanggan dengan menyajikan produk bermutu yang sesuai dengan ciri khas
Bakmi GM, disertai pelayanan yang ramah, cepat, tepat dan harga terjangkau.
Visi
Bertumbuh dan berkembang menjadi jaringan
resto keluarga cepat saji dengan “mutu kelas dunia”.
Motto
Get the Taste and Service
-----------------------------------------------------------------------------------------------
BAB II
STARTEGI
PEMASARAN
(PLANING)
Berbicara mengenai strategi pemasaran, tentunya tidak bisa lepas
dari kreativitas para pelaku usaha. Beragam cara maupun strategi dipilih para
pelaku usaha untuk mendapatkan perhatian dari calon konsumennya. Bahkan, tidak
sedikit dari mereka yang memilih beberapa cara ekstrim untuk menarik simpati
para konsumen.
Kira-kira, strategi pemasaran
apa saja yang bisa Anda tiru dari para pengusaha yang sukses memasarkan produk
unggulannya?
Berikut adalah lima strategi
pemasaran kreatif yang bisa Anda jalankan untuk mendapatkan banyak pelanggan.
1.
Ciptakan sesuatu yang berbeda
Ketika hal yang menarik sudah menjadi hal yang biasa dimata masyarakat, maka yang dibutuhkan disini adalah mencari pembeda diantara pesaing. Dalam hal ini Departemen Marketing mengambil peranan penuh dalam pencapaian tujuan perusahaan. Begitu pula dengan Bakmi GM, penerapan system ini ditempuh dengan diadakanya promo promo menarrik setiap bulanya. Yang paling update addala diadakannya promo Paket Salju (Salam Jumpa) yang berlangsung mulai tanggal 1 Desember 2013 sampai dengan 31 desember 2013 dimana tema promo tersebut adalah penutupan tahun 2013
2.
Menawarkan pemasaran kreatif melalui situs
pertemanan
Merealisasikan ide pemasaran unik ternyata tidak hanya melalui dunia nyata saja. Namun Anda juga bisa menawarkan pemasaran kreatif melalui situs pertemanan (jejaring sosial) yang bisa dijangkau seluruh konsumen dengan mudah dan murah menggunakan jaringan internet. Dalam melakukan promosi Bakmi Gm banyak memberikan kejutan kejutan yang bersifat kuis dalam lingkup jejaring social, sebagai contoh adalah diadakanya lomba membuat LOGO 4P 5R yang harus di Upload di Facebook. Dengan demikian banyak pengguna jejaring facebook yang secara tidak langsung diarahkan untuk mulai mengenal Bakmi Gm.
3.
Libatkan peran aktif para konsumen
Selain menggandeng beberapa public figure sebagai brand ambassador produk Anda, selanjutnya Anda juga bisa melibatkan para konsumen untuk berperan aktif dalam menjalankan strategi promosi. Penerapan dalam perusahaan bakmi Gm terlihat dari seringya di adakan event event yang secara langsung mengharuskan customer atau pelanggan terlibat secara langsung didalamnya. Sebagai contoh adalah diadakanya acara acara kreasi anak yang diadakan oleh pihak perusahaan.
4.
Jadilah solusi bagi permasalahan konsumen Anda
Ketika memasarkan produk ataupun jasa, yang terpenting adalah pahami kebutuhan konsumen dan jadilah solusi bagi permasalahan yang mereka hadapi. Dalam menjalankan usahanya bakmi GM mengutamakan kepuasan pelanggan setia, bakmi GM juga tetap menjaga konsistensi terhadap customer dan mengutamakan pelayanan cepat saji yaitu sesuai dengan MOTO perusahaan yaitu “Memberikan kepuasan yang seutuhnya kepada setiap pelanggan dengan menyajikan produk bermutu yang sesuai dengan ciri khas Bakmi GM, disertai pelayanan yang ramah, cepat, tepat dan harga terjangkau.” dan bertumbuh dan berkembang menjadi jaringan resto keluarga cepat saji dengan “mutu kelas dunia”.
5.
Menjaga Kualitas
Hal terpenting dalam mem]njalankan
usaha terutama resto adalah mampu menjaga kualitas dan kepercayaan pelanggan
seria.
Melalui terobosan baru yang Anda
ciptakan, tidak menutup kemungkinan bila kedepannya para konsumen akan tertarik
dengan produk yang Anda tawarkan dan semakin loyal dengan perusahaan yang Anda
jalankan. Semoga informasi lima
strategi pemasaran untuk mendapatkan pelanggan ini bisa
memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca dan membantu para pemula untuk
meningkatkan omset penjualannya.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BAB III
PENGORGANISASIAN
(ORGANAZING)
A. Pengertian Pengorganisasian
Pengorganisasian adalah
merupakan fungsi kedua dalam Manajemen dan pengorganisasian didefinisikan
sebagai proses kegiatan penyusunan struktur organisasi sesuai dengan
tujuan-tujuan, sumber-sumber, dan lingkungannya. Dengan demikian hasil
pengorganisasian adalah struktur organisasi.
Dibawah ini merupakan tentang perkembangan teori organisasi:
1. Teori Organisasi Klasik
Teori ini
biasa disebut dengan “teori tradisional” atau disebut juga “teori mesin”.
Berkembang mulai 1800-an (abad 19). Dalam teori ini organisasi digambarkan
sebuah lembaga yang tersentralisasi dan tugas-tugasnnya terspesialisasi serta
memberikan petunjuk mekanistik structural yang kaku tidak mengandung kreatifitas.
2. Teori Neoklasik
2. Teori Neoklasik
Aliran yang
berikutnya muncul adalah aliran Neoklasik disebut juga dengan “Teori Hubungan
manusiawi”. Teori ini muncul akibat ketidakpuasan dengan teori klasik dan teori
merupakan penyempurnaan teori klasik. Teori ini menekankan pada “pentingnya
aspek psikologis dan social karyawan sebagai individu ataupun kelompok kerja”.
3. Teori Modern
Berkaitan
dengan lingkungan yang stabil akan tetapi organisasi merupakan system terbuka
yang berkaitan dengan lingkunngan dan apabila ingin survivel atau dapat
bertahan hidup maka ia harus bisa beradaptasi dengan lingkungan.
Struktur organisasi adalah susunan komponen-komponen (unit-unit kerja) dalam organisasi. Struktur organisasi menunjukkan adanya pembagian kerja dan meninjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda tersebut diintegrasikan (koordinasi). Selain daripada itu struktur organisasi juga menunjukkan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan, saluran perintah dan penyampaian laporan.
B. Bentuk-Bentuk Organisasi
1. Organisasi Fungsional
Suatu organisasi dimana wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian yang mempunyai jabatan fungsional untuk dikerjakan kepada para pelaksana yang mempunyai keahlian khusus.
2. Organisasi Fungsional Dan Garis
Organisasi dimana wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian dibawahnya yang mempunyai keahlian tertentu serta sebagian dilimpahkan kepada pejabat fungsional yang koordinasinya tetap diserahkan kepada kepala bagian.
3. Organisasi Komite
Bentuk organisasi dimana tugas kepemimpinan dan tugas tertentu dilaksanakan secara kolektif oleh sekelompok pejabat, yang berupa komite atau dewan atau board dengan pluralistic manajement.
4. Organisasi Garis Dan Staff
Suatu bentuk organisasi dimana pelimpahan wewenang berlangsung secara vertical. Manajer ditempatkan satu atau lebih pejabat staff yang tidak mempunyai wewenang memerintah tetapi hanya sebagai penasehat.
5. Organisasi Matrix
Organisasi dimana penggunaan struktur organisasi menunjukan dimana para spesialis yang mempunyai keterampilan dimasing-masing bagian dari bagian perusahaan dikumpulkan lagi menjadi satu untuk mengerjakan suatu proyek yang harus diselesaikan.
C. Pengertian Departementasi
Departementasi adalah aktivitas untuk menyusun satuan satuan organisasi yang akan diserahi bidang kerja tertentu atau fungsi tertentu.Efesiensi kerja tergantung kepada keberhasilan integrasi satuan-satuan yang bermacam-macam dalam organisasi. Proses penentuan cara bagaimana kegiatan dikelompokkan disebutkan departementasi.
Macam-macam bentuk Departementasi :
1. Departementasi Fungsional
Departemen Fungsional adalah pengelompokan fungsi yang sama atau kegiatan yang sejenis untuk membentuk satuan organisasi. Ini merupakan bentuk Organisasi yang paling umum dan bentuk dasar departementasi.
Individu dikelompokkan berdasarkan ketrampilan, pengetahuan, dan tindakan yang dilakukan. Misalnya organisasi hanya terbagi dalam bagian administrasi, dan bagian operasi.Pembentukan satuan satuan organisasi yang masing masing diserahi mengurus sekelompok aktivitas yang tergolong sejenis menurut sifatnya atau pelaksanaan pekerjaan pekerjaan yang berkaitan.
2. Departementasi Devisional
Departementasi berdasarkan divisi melihat produk, layanan, dan klien sebagai faktor dasar pengelompokan. Pola ini digunakan untuk memudahkan usaha antisipasi ancaman atau oportuniti dari luar organisasi. Misalnya pada organisasi otomotif, organisasi terbagi atas divisi otomotif, divisi internasional, divisi keuangan.
Dengan membagi divisi-divisi atas dasar produk, wilayah, langganan, dan proses, dimana tiap divisi merancang, memproduksi dan memasarkan produknya sendiri.
D. Struktur
Organisasi Departemen Supply Bakmi Gm
Struktur dari divisi
Suppy dalam PT.Griya Mie Sejati adalah sebagai berikut:
----------------------------------------------------------------------------------------------
BAB IV
PENERAPAN ATAU PELAKSANAAN
(ACTUATING)
(ACTUATING)
Promosi
Promosi adalah suatu usaha dari pemasar dalam menginformasikan
dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan
transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya.
Penerapan Promosi
1. Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
2. Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit
2. Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit
3. Untuk mendapatkan
pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
4. Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi persaingan
pasar
5. Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
6. Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
5. Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
6. Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
Tujuan trnsaksional system
pemasaran dalam strategi pemasaran adalah :
- Tingkat
konsumsi masyarakat yang maksimum
- Tingkat
kepuasan konsumen yang maksimum
- Tingkat
pilihan konsumen yang maksimum
- Kualitas hidup
konsumen yang maksimum
Aspek pemasaran yang
meliputi kegiatan :
- Perencanaaan
barang
- Penetapan
harga
- Program
promosi
- Saluran
distribusi
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BAB V
PENGAWASAN
(CONTROLLING)
Setiap tahunnya PT Griya Mie Sejati harus mengendalikan biaya
promosi agar biaya promosi yang di keluarkan untuk promosi produk tidak
mengeluarkan biaya yang terlalu banyak yang menjadi pemborosan perusahaan dan
supaya tingkat penjualan tidak menurun.
PT Griya Mie Sejati harus melakukan pendistribusian yang sesuai
dengan target pasar, produk yang yang dihasilkanpun harus memenuhi dengan minat
konsumen. Jika distribusi tidak sesuai dengan target pasar maka barang yang
diproduksi kurang mendapat minat dari konsumen.
Melihat produk dari perusahaan yang menjadi pesaing perusahaan
dengan melakukan riset terhadap pasar. Menambah unggulan-unggulan terhadap
produk yang akan dipasarkan, memperhatikan kualitas produk yang ingin
dipasarkan, melihat kebutuhan dari konsumen dan perusahaan melakukan gebrakan yang
menjadi daya tarik konsumen terhadap produk yang dipasarkan.
Jika dari biaya promosi, biaya distribusi, serta
strategi-strategi yang menjadi modal perusahaan dapat berjalan baik dan sesuai
dengan apa yang diinginkan, perusahaan tidak akan mengalami penurunan disetiap
tahun.
Setiap tahun PT Griya Mie Sejati mengalami penurunan dan kenaikan pada biaya produksi, biaya distribusi dan penjualan terlihat dalam grafik yang tertera pada makalah. Harus mewaspadai pesaing-pesaing dari PT Griya Mie Sejati.PT Griya Mie Sejati harus meningkatkan kewaspadaan kepada produksi mie lain dengan melakukan promosi yang sangat agresif, harus melakukan gebrakan yang sangat luar biasa, harganya di bawah dari produk lain, ditambah keunggulan-keunggulan lain, menentukan kualitas produk, memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi mengenai kebutuhan dan keinginan konsumen yang heterogen, sehingga dapat mengetahui dengan jelas kebutuhan dan keinginan konsumen tersebut sesuai dengan karakteristik dari masing-masing atau tidak. Melakukan riset pemasaran yang dilakukan terhadap konsumen, sehingga dapat diketahui kebutuhan dan keinginan konsumen akan suatu produk mie.
No comments:
Post a Comment