Friday, December 13, 2013

Tugas Pengantar Management



MAKALAH
PENGANTAR MANAJEMEN
FUNGSI-FUNGSI IMPLEMENTASI PADA
PT.GRIYA MIE SEJATI
DIVISI SUPPLY




          DI SUSUN OLEH :
    NAMA    : SLAMET RIYANTO
    NIM        : 1322475546

Jln.Jend.Sudirman No.40 Modern Cikokol – Tangerang 15177
Telp.(021) 5529692,5529586 Fax.(021) 5529742

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

KATA PENGANTAR

Segala  puji  hanya  milik  Allah SWT.  Shalawat  dan  salam  selalu tercurahkan kepada Rasulullah SAW.  Berkat  limpahan  dan rahmat-Nya penyusun mampu menyelesaikan  tugas  makalah ini guna memenuhi tugas  mata kuliah Pengantar Manajemen.
Dalam penyusunan tugas atau materi ini, tidak sedikit hambatan yang penulis hadapi. Namun penulis menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan, dan bimbingan dosen, sehingga kendala-kendala yang penulis hadapi teratasi.
Tugas ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang kaitan implementasi perusahaan, yang saya sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber informasi, referensi, dan berita.Semoga tugas ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas dan menjadi sumbangan pemikiran kepada pembaca khususnya para mahasiswa STMIK Raharja.Saya sadar bahwa tugas ini masih banyak kekurangan dan jauh dari sempurna. Untuk itu,  kepada  dosen  pembimbing dan dari para pembaca saya meminta masukan dan mengharapkan kritik, saran demi  perbaikan  pembuatan  tugas  saya  di  masa  yang  akan  datang.





----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

DAFTAR ISI

Kata pengantar............................................................................................... 1
Daftar isi........................................................................................................ 2
BAB I
PENDAHULUAN........................................................................................ 3  
A.Profil Perusahaan .......................................................................... 3-4     
A.Visi dan Misi Perusahaan.................................................................5
BAB II
PEMASARAN.............................................................................................. 6-7
BAB III
PENGORGANISASIAN (Organizing) ....................................................... 8
A. Pengertian Pengorganisasian ........................................................ 8-9
B.  Bentuk Bentuk organisasi............................................................ 9-10
C. Pengertian Departemenisasi.......................................................... 10-11
D. Struktur Organisasi Departemen Supply Bakmi GM................... 12
BAB IV
PENERAPAN (Actuating)........................................................................... 13
BAB V
PENGAWASAN (controlling)...................................................................... 14-15
Daftar Referensi............................................................................................ 16




--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BAB I
PENDAHULUAN

A.              Profil Perusahaan
PT. Griya Miesejati adalah induk perusahaan restoran cepat saji Bakmi GM, yang merupakan ikon restoran bakmi di Jakarta. Restoran ini, yang dulunya bernama Bakmi Gajah Mada, pertama kali didirikan pada tahun 1959 dan kini sudah memiliki 30 outlet yang tersebar di Jakarta, Bekasi, dan Tangerang. Dengan pengalaman lebih dari 50 tahun di industri restoran, saat ini Bakmi GM melayani lebih dari 30.000 pelanggan per hari.
Ribuan pelanggan yang datang menikmati kelezatan menu Bakmi GM tiap harinya berasal dari beragam lapisan: tua, muda, pelajar, mahasiswa, bahkan juga para eksekutif muda. Untuk memuaskan keinginan dari beragam lapisan tersebut, Bakmi GM secara berkala melakukan promosi.
Menu-menu yang terdapat di Bakmi GM pun didisain khusus untuk memadukan rasa yang lezat , yang terbuat dari bahan baku pilihan, dengan harga yang ekonomis. Lebih dari 50 menu dapat menjadi pilihan pelanggan setiap harinya. Produk-produk baru pun diluncurkan secara berkala.
Dan untuk semakin memuaskan pelanggannya, kini Bakmi GM melayani paket ulang tahun anak-anak. Pesta ulang tahun anak Anda akan semakin meriah, jika Anda merayakannya di Bakmi GM. Tiga paket ulang tahun Bakmi GM bisa menjadi pilihan Anda dalam merayakan ulang tahun yang meriah dan menikmati menu lezat yang menyehatkan.
Restoran-restoran Bakmi GM dapat Anda temukan di berbagai lokasi, mulai dari lokasi perumahan, perkantoran, hingga pusat perbelanjaan, dan didisain secara modern untuk menciptakan suasana yang hangat dan menyenangkan.
Enerjik dan berdedikasi merupakan dua sifat yang membangun kurang lebih 1200 orang staff yang tergabung dalam tim pelayanan Bakmi GM, karena memberikan pelayanan yang terbaik bagi setiap pelanggan adalah tujuan dari perusahaan
Demi memenuhi kebutuhan pelanggannya akan makanan yang berkualitas dan halal, pada tahun 2005 Bakmi GM mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia dan terus diperbaharui setiap tahunnya. Dengan selalu mengedepankan kualitas produknya, Bakmi GM akan selalu menjadi restoran favorit customer Bakmi GM.

B.               Visi Dan Misi Pt.Griya Mie Sejati

Seperti perusahaan perusahaan pada umumnya, PT.Griya Mie Sejati juga memiliki VISI, MISI dan moto dalam menjalankan usahanya .
Misi
Memberikan kepuasan yang seutuhnya kepada setiap pelanggan dengan menyajikan produk bermutu yang sesuai dengan ciri khas Bakmi GM, disertai pelayanan yang ramah, cepat, tepat dan harga terjangkau.
Visi
Bertumbuh dan berkembang menjadi jaringan resto keluarga cepat saji dengan “mutu kelas dunia”.
Motto
Get the Taste and Service

-----------------------------------------------------------------------------------------------
BAB II
STARTEGI PEMASARAN
(PLANING)

Berbicara mengenai strategi pemasaran, tentunya tidak bisa lepas dari kreativitas para pelaku usaha. Beragam cara maupun strategi dipilih para pelaku usaha untuk mendapatkan perhatian dari calon konsumennya. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang memilih beberapa cara ekstrim untuk menarik simpati para konsumen.
Kira-kira, strategi pemasaran apa saja yang bisa Anda tiru dari para pengusaha yang sukses memasarkan produk unggulannya?
Berikut adalah lima strategi pemasaran kreatif yang bisa Anda jalankan untuk mendapatkan banyak pelanggan.
1.        Ciptakan sesuatu yang berbeda

Ketika hal yang menarik sudah menjadi hal yang biasa dimata masyarakat, maka yang dibutuhkan disini adalah mencari pembeda diantara pesaing. Dalam hal ini Departemen Marketing mengambil peranan penuh dalam pencapaian tujuan perusahaan. Begitu pula dengan Bakmi GM, penerapan system ini ditempuh dengan diadakanya promo promo menarrik setiap bulanya. Yang paling update addala diadakannya promo Paket Salju (Salam Jumpa) yang berlangsung mulai tanggal 1 Desember 2013 sampai dengan 31 desember 2013 dimana tema promo tersebut adalah penutupan tahun 2013
2.        Menawarkan pemasaran kreatif melalui situs pertemanan

Merealisasikan ide pemasaran unik ternyata tidak hanya melalui dunia nyata saja. Namun Anda juga bisa menawarkan pemasaran kreatif melalui situs pertemanan (jejaring sosial) yang bisa dijangkau seluruh konsumen dengan mudah dan murah menggunakan jaringan internet. Dalam melakukan promosi Bakmi Gm banyak memberikan kejutan kejutan yang bersifat kuis dalam lingkup jejaring social, sebagai contoh adalah diadakanya lomba membuat LOGO 4P 5R yang harus di Upload di Facebook. Dengan demikian banyak pengguna jejaring facebook yang secara tidak langsung diarahkan untuk mulai mengenal Bakmi Gm.
3.        Libatkan peran aktif para konsumen

Selain menggandeng beberapa public figure sebagai brand ambassador produk Anda, selanjutnya Anda juga bisa melibatkan para konsumen untuk berperan aktif dalam menjalankan strategi promosi. Penerapan dalam perusahaan bakmi Gm terlihat dari seringya di adakan event event yang secara langsung mengharuskan customer atau pelanggan terlibat secara langsung didalamnya. Sebagai contoh adalah diadakanya acara acara kreasi anak yang diadakan oleh pihak perusahaan.
4.        Jadilah solusi bagi permasalahan konsumen Anda

Ketika memasarkan produk ataupun jasa, yang terpenting adalah pahami kebutuhan konsumen dan jadilah solusi bagi permasalahan yang mereka hadapi. Dalam menjalankan usahanya bakmi GM mengutamakan kepuasan pelanggan setia, bakmi GM juga tetap menjaga konsistensi terhadap customer dan mengutamakan pelayanan cepat saji yaitu sesuai dengan MOTO perusahaan yaitu “Memberikan kepuasan yang seutuhnya kepada setiap pelanggan dengan menyajikan produk bermutu yang sesuai dengan ciri khas Bakmi GM, disertai pelayanan yang ramah, cepat, tepat dan harga terjangkau.” dan bertumbuh dan berkembang menjadi jaringan resto keluarga cepat saji dengan “mutu kelas dunia”.
5.   Menjaga Kualitas
Hal terpenting dalam mem]njalankan usaha terutama resto adalah mampu menjaga kualitas dan kepercayaan pelanggan seria.

Melalui terobosan baru yang Anda ciptakan, tidak menutup kemungkinan bila kedepannya para konsumen akan tertarik dengan produk yang Anda tawarkan dan semakin loyal dengan perusahaan yang Anda jalankan. Semoga informasi lima strategi pemasaran untuk mendapatkan pelanggan ini bisa memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca dan membantu para pemula untuk meningkatkan omset penjualannya.

 --------------------------------------------------------------------------------------------------------------

BAB III
PENGORGANISASIAN
(ORGANAZING)
                    
A.   Pengertian Pengorganisasian

Pengorganisasian adalah merupakan fungsi kedua dalam Manajemen dan pengorganisasian didefinisikan sebagai proses kegiatan penyusunan struktur organisasi sesuai dengan tujuan-tujuan, sumber-sumber, dan lingkungannya. Dengan demikian hasil pengorganisasian adalah struktur organisasi.


Dibawah ini merupakan tentang perkembangan teori organisasi:
1.         Teori Organisasi Klasik 
Teori ini biasa disebut dengan “teori tradisional” atau disebut juga “teori mesin”. Berkembang mulai 1800-an (abad 19). Dalam teori ini organisasi digambarkan sebuah lembaga yang tersentralisasi dan tugas-tugasnnya terspesialisasi serta memberikan petunjuk mekanistik structural yang kaku tidak mengandung kreatifitas.

2.         Teori Neoklasik 
Aliran yang berikutnya muncul adalah aliran Neoklasik disebut juga dengan “Teori Hubungan manusiawi”. Teori ini muncul akibat ketidakpuasan dengan teori klasik dan teori merupakan penyempurnaan teori klasik. Teori ini menekankan pada “pentingnya aspek psikologis dan social karyawan sebagai individu ataupun kelompok kerja”.




3.         Teori Modern 
Berkaitan dengan lingkungan yang stabil akan tetapi organisasi merupakan system terbuka yang berkaitan dengan lingkunngan dan apabila ingin survivel atau dapat bertahan hidup maka ia harus bisa beradaptasi dengan lingkungan.

Struktur organisasi adalah susunan komponen-komponen (unit-unit kerja) dalam organisasi. Struktur organisasi menunjukkan adanya pembagian kerja dan meninjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda tersebut diintegrasikan (koordinasi). Selain daripada itu struktur organisasi juga menunjukkan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan, saluran perintah dan penyampaian laporan.


B.       
Bentuk-Bentuk Organisasi

1. Organisasi Fungsional

Suatu organisasi dimana wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian yang mempunyai jabatan fungsional untuk dikerjakan kepada para pelaksana yang mempunyai keahlian khusus.

2. Organisasi Fungsional Dan Garis

Organisasi dimana wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian dibawahnya yang mempunyai keahlian tertentu serta sebagian dilimpahkan kepada pejabat fungsional yang koordinasinya tetap diserahkan kepada kepala bagian.

3. Organisasi Komite

Bentuk organisasi dimana tugas kepemimpinan dan tugas tertentu dilaksanakan secara kolektif oleh sekelompok pejabat, yang berupa komite atau dewan atau board dengan pluralistic manajement.



4. Organisasi Garis Dan Staff

Suatu bentuk organisasi dimana pelimpahan wewenang berlangsung secara vertical. Manajer ditempatkan satu atau lebih pejabat staff yang tidak mempunyai wewenang memerintah tetapi hanya sebagai penasehat.

5. Organisasi Matrix

Organisasi dimana penggunaan struktur organisasi menunjukan dimana para spesialis yang mempunyai keterampilan dimasing-masing bagian dari bagian perusahaan dikumpulkan lagi menjadi satu untuk mengerjakan suatu proyek yang harus diselesaikan.


C.       
 Pengertian Departementasi

Departementasi adalah aktivitas untuk menyusun satuan satuan organisasi yang akan diserahi bidang kerja tertentu atau fungsi tertentu.Efesiensi kerja tergantung kepada keberhasilan integrasi satuan-satuan yang bermacam-macam dalam organisasi. Proses penentuan cara bagaimana kegiatan dikelompokkan disebutkan departementasi.


Macam-macam bentuk Departementasi :
1. Departementasi Fungsional

Departemen Fungsional adalah pengelompokan fungsi yang sama atau kegiatan yang sejenis untuk membentuk satuan organisasi. Ini merupakan bentuk Organisasi yang paling umum dan bentuk dasar departementasi.
Individu dikelompokkan berdasarkan ketrampilan, pengetahuan, dan tindakan yang dilakukan. Misalnya organisasi hanya terbagi dalam bagian administrasi, dan bagian operasi.Pembentukan satuan satuan organisasi yang masing masing diserahi mengurus sekelompok aktivitas yang tergolong sejenis menurut sifatnya atau pelaksanaan pekerjaan pekerjaan yang berkaitan.

2. Departementasi Devisional

Departementasi berdasarkan divisi melihat produk, layanan, dan klien sebagai faktor dasar pengelompokan. Pola ini digunakan untuk memudahkan usaha antisipasi ancaman atau oportuniti dari luar organisasi. Misalnya pada organisasi otomotif, organisasi terbagi atas divisi otomotif, divisi internasional, divisi keuangan.
Dengan membagi divisi-divisi atas dasar produk, wilayah, langganan, dan proses, dimana tiap divisi merancang, memproduksi dan memasarkan produknya sendiri.
 
D.      Struktur Organisasi Departemen  Supply Bakmi Gm
Struktur dari divisi Suppy dalam PT.Griya Mie Sejati adalah sebagai berikut:

 


 ----------------------------------------------------------------------------------------------

BAB IV
PENERAPAN ATAU PELAKSANAAN
(ACTUATING)


Promosi
Promosi adalah suatu usaha dari pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya.
Penerapan Promosi
1. Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
2. Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit
3. Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
4. Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi persaingan pasar
5. Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
6. Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan

Tujuan trnsaksional system pemasaran dalam strategi pemasaran adalah :
-         Tingkat konsumsi masyarakat yang maksimum
-         Tingkat kepuasan konsumen yang maksimum
-         Tingkat pilihan konsumen yang maksimum
-         Kualitas hidup konsumen yang maksimum

Aspek pemasaran yang meliputi kegiatan :
-         Perencanaaan barang
-         Penetapan harga
-         Program promosi
-         Saluran distribusi


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BAB V
PENGAWASAN
(CONTROLLING)


Setiap tahunnya PT Griya Mie Sejati harus mengendalikan biaya promosi agar biaya promosi yang di keluarkan untuk promosi produk tidak mengeluarkan biaya yang terlalu banyak yang menjadi pemborosan perusahaan dan supaya tingkat penjualan tidak menurun.
PT Griya Mie Sejati harus melakukan pendistribusian yang sesuai dengan target pasar, produk yang yang dihasilkanpun harus memenuhi dengan minat konsumen. Jika distribusi tidak sesuai dengan target pasar maka barang yang diproduksi kurang mendapat minat dari konsumen.
Melihat produk dari perusahaan yang menjadi pesaing perusahaan dengan melakukan riset terhadap pasar. Menambah unggulan-unggulan terhadap produk yang akan dipasarkan, memperhatikan kualitas produk yang ingin dipasarkan, melihat kebutuhan dari konsumen dan perusahaan melakukan gebrakan yang menjadi daya tarik konsumen terhadap produk yang dipasarkan.
Jika dari biaya promosi, biaya distribusi, serta strategi-strategi yang menjadi modal perusahaan dapat berjalan baik dan sesuai dengan apa yang diinginkan, perusahaan tidak akan mengalami penurunan disetiap tahun.

Setiap tahun PT Griya Mie Sejati mengalami penurunan dan kenaikan pada biaya produksi, biaya distribusi dan penjualan terlihat dalam grafik yang tertera pada makalah. Harus mewaspadai pesaing-pesaing dari PT Griya Mie Sejati.PT Griya Mie Sejati harus meningkatkan kewaspadaan kepada produksi mie lain dengan melakukan promosi yang sangat agresif,  harus melakukan gebrakan yang sangat luar biasa, harganya di bawah dari produk lain, ditambah keunggulan-keunggulan lain, menentukan kualitas produk, memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi mengenai kebutuhan dan keinginan konsumen yang heterogen, sehingga dapat mengetahui dengan jelas kebutuhan dan keinginan konsumen tersebut sesuai dengan karakteristik dari masing-masing atau tidak. Melakukan riset pemasaran yang dilakukan terhadap konsumen, sehingga dapat diketahui kebutuhan dan keinginan konsumen akan suatu produk mie.


No comments:

Post a Comment